RUANGINFO.ID – Google adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, terkenal karena mesin pencarinya yang canggih dan berbagai produk dan layanannya yang inovatif. Namun, sedikit yang tahu tentang sejarah perusahaan ini dan bagaimana mesin pencari terbesar di dunia ini muncul dan berkembang. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 fakta menarik tentang sejarah Google yang jarang diketahui.

1. Google Awalnya Diberi Nama “Backrub”

Pada awalnya, Larry Page dan Sergey Brin, pendiri Google, memberi nama proyek mereka “Backrub”. Nama ini diambil dari algoritma mereka yang menganalisis backlink atau tautan balik ke situs web lain untuk menentukan peringkat pencarian. Namun, setelah mengembangkan mesin pencari mereka yang lebih besar dan lebih canggih, mereka memutuskan untuk mengubah namanya menjadi Google, yang merupakan permainan kata dari kata “googol” yang artinya 1 diikuti oleh 100 angka nol.

2. Google Pertama Kali Diluncurkan pada 1998

Mesin pencari Google pertama kali diluncurkan pada 1998, tepatnya pada tanggal 4 September. Pada awalnya, Google hanya dapat menampilkan 10 hasil pencarian per halaman, tetapi kemudian diubah menjadi 30 hasil per halaman pada 2000.

3. Google Merupakan Perusahaan yang Berasal dari Asrama Kampus

Larry Page dan Sergey Brin bertemu saat belajar di Universitas Stanford pada tahun 1995 dan mulai bekerja bersama di asrama kampus. Mereka bekerja di garasi dan berusaha untuk menciptakan mesin pencari yang lebih baik daripada yang ada saat itu.

4. Google Dibuat dengan Teknologi yang Dibuat Sendiri

Saat menciptakan mesin pencari mereka, Larry Page dan Sergey Brin membuat teknologi mereka sendiri untuk menganalisis dan mengindeks jutaan halaman web. Mereka membangun teknologi mereka dengan bahasa pemrograman baru yang disebut Python, yang pada saat itu masih sangat baru.

5. Google Pernah Ditawar Untuk Dijual Seharga $1 Juta

Pada awalnya, Larry Page dan Sergey Brin menawarkan mesin pencari Google kepada beberapa perusahaan teknologi besar, termasuk Excite. Namun, mereka menolak tawaran mereka yang hanya sebesar $750.000. Kemudian, pada tahun 1999, Excite menawarkan untuk membeli Google seharga $1 juta, tetapi tawaran ini ditolak oleh Page dan Brin karena mereka yakin bahwa Google memiliki potensi yang lebih besar.

6. Google Merupakan Salah Satu Perusahaan yang Paling Banyak Dicari di Mesin Pencari

Tidak mengherankan bahwa Google adalah salah satu perusahaan teknologi yang paling banyak dicari di mesin pencari. Menurut laporan yang diterbitkan oleh SEMrush, Google menempati peringkat ketiga dalam daftar merek terpopuler yang dicari di mesin pencari, di belakang Amazon dan YouTube.

7. Google Memiliki Banyak Produk

Selain mesin pencari, Google juga memiliki banyak produk dan layanan lain yang menjadi sangat populer, seperti Gmail, Google Maps, Google Drive, Google Photos, dan Google Translate. Google Maps, misalnya, adalah salah satu layanan peta online terbaik yang digunakan oleh jutaan orang setiap harinya. Sedangkan Google Translate, menjadi solusi praktis bagi orang-orang yang ingin memahami bahasa yang berbeda.

8. Google AdWords Merupakan Produk yang Paling Mendatangkan Pendapatan

Meskipun Google memiliki banyak produk dan layanan, Google AdWords adalah yang paling banyak mendatangkan pendapatan bagi perusahaan. Google AdWords adalah platform periklanan online yang memungkinkan pengiklan untuk menampilkan iklan mereka di berbagai situs web dan aplikasi yang terhubung dengan Google. Pada tahun 2021, pendapatan Google dari iklan mencapai hampir $146 miliar, dengan sebagian besar berasal dari Google AdWords.

9. Google Berusaha Untuk Menjadi Lebih Ramah Lingkungan

Google tidak hanya terkenal karena produk dan layanannya yang inovatif, tetapi juga karena komitmennya untuk menjadi lebih ramah lingkungan. Google telah berinvestasi dalam energi terbarukan, mengurangi emisi karbon, dan meningkatkan efisiensi energi di seluruh operasinya. Pada tahun 2020, Google mengumumkan bahwa mereka telah mencapai target nol karbon di seluruh operasi bisnisnya.

10. Google Adalah Salah Satu Perusahaan Teknologi Terbesar di Dunia

Terakhir namun tidak kalah penting, Google adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Perusahaan ini memiliki pengaruh yang besar dalam industri teknologi dan internet, dan terus mengembangkan produk dan layanan baru untuk meningkatkan kehidupan orang di seluruh dunia. Pada tahun 2021, Google memperkirakan memiliki lebih dari 135.000 karyawan di seluruh dunia.

Kesimpulan

Itulah 10 fakta menarik tentang sejarah Google yang jarang diketahui. Meskipun Google adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, sejarahnya masih tersembunyi dari banyak orang. Dalam artikel ini, kita telah mempelajari tentang awal mula Google sebagai “Backrub”, bagaimana Larry Page dan Sergey Brin bertemu dan bekerja bersama di asrama kampus, serta bagaimana Google telah berkembang menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dengan produk dan layanan yang sangat populer.

Namun, Google tidak hanya terkenal karena produk dan layanannya yang inovatif, tetapi juga karena komitmennya untuk menjadi lebih ramah lingkungan. Dengan begitu banyak produk dan layanan yang ditawarkan oleh Google, tidak mengherankan bahwa perusahaan ini memiliki pengaruh yang besar dalam industri teknologi dan internet.